Rabu, 14 Oktober 2015

Mengenal Manfaat Bunga Wijaya Kusuma Bagi Kesehatan


Bunga wijaya kusuma adalah bunga yang mekar di malam hari dan biasanya akan layu pada pagi hari. Bunga Wijaya Kusuma yang memiliki nama latin Epiphyllum Anguliger ini termasuk jenis tanaman kaktus. Bunga wijaya kusuma ini berasal dari Venezuela, Amerika Selatan. Bunga wijaya kusuma memiliki jenis bunga wijaya kusuma warna putih, bunga wijaya kusuma merah. Buahnya mirip dengan buah naga tapi sedikit lebih kecil. Batang tanaman bunga wijayakusuma sebenarnya terbentuk dari helaian daun yang mengeras dan mengecil. Helaian daunnya bunga wijaya kusuma pipih, berwarna hijau dengan permukaan daun halus tidak berduri, lain halnya dengan kaktus-kaktus pada umumnya. Pada setiap tepian daun tanaman wijayakusuma ini terdapat lekukan-lekukan yang ditumbuhi tunas daun atau bunga . Bunga Wijayakusuma ini dapat tumbuh baik ditempat yang tidak terlalu panas. Tanaman bunga wijaya kusuma ini dapat hidup subur di daerah sedang sampai tropis. Bunga wijaya kusuma untuk obat biasanya digunakan pada bagian daunnya. 
Bunga Wijayakusuma rasanya manis, sifatnya netral, berkhasiat antiradang, penghenti perdarahan (hemostatis), obat betuk dan peluruh dahak (mukolitik). Batang rasanya asin, asam, sifatnya sejuk, dan berkhasiat antiradang.

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma Bagi Kesehatan Dan Cara Penggunaannya :
  • Tuberkulosis Paru, Batuk Darah, dan Radang Tenggorokan
    Cuci bersih 4 kuntum bunga wijaya kusuma. Tambahkan 75 g lidah buaya yang sudah dikupas kulitnya dan 15 g gula ke dalam bunga. Rebus bahan dalam 4 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum air ramuan dalam kondisi hangat 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.
  • Pendarahan Rahim
    Masak tim 2-3 bunga wijaya kusuma dan 100 g daging tanpa lemak. Setelah matang makanlah sebagai lauk dengan nasi.
  • Asma
    Masak tim 4 kuntum bungan wijaya kusuma yang telah ditambahkan gula batu dan air secukupnya. Minum air ramuan sekaligus.
  • Sukar Buang Air Besar
    Cuci bersih 20 g bunga wijaya kusuma dan70 g lidah buaya yang dikupas kulitnya. Rebus kedua bahan tersebut dalam 2 ½ gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring ramuan. Minum airnya dalam kondisi masih hangat.
  • Bisul dan Luka Berdarah
    Ambil batang wijaya kusuma segar, lalu cuci bersih, giling batang hingga halus. Tambahkan air, lalu aduk hingga menjadi adonan. Balurkan ramuan ke bagian yang sakit dan dibalut bila perlu. Lakukan pengobatan 3 kali sehari.
  • Hipertensi
    Rebus bersama-sama bunga wijaya kusuma segar, 75 g akar alang-alang, dan 15 g jamur kuping hitam dalam 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 ½ gelas. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum ramuan ini 3 kali sehari masing-masing ½ gelas.
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat bunga wijaya kusuma bagi kesehatan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar